Dok, saat ini saya sedang hamil, usia kehamilan saya jalan 2 bulan. 3 hari ini saya merasa badan saya lemas sekali, saat ditensi juga rendah bahkan sempat pingsan. kalau pingsan saat hamil itu bagaimana solusinya ya Dok? terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat, Sobat.

Saya coba membantu ya.. Berikut beberapa tips bagi Sobat:

1. Sobat dianjurkan kalau bangun dari duduk atau tidur dengan bertahap atau pelan-pelan (tidak tiba-tiba).

2. Nutrisi dan makan sobat mungkin masih kurang, dapat diatasi dengan makan dalam porsi kecil dan lebih sering serta mengonsumsi camilan sehat. Karna kekurangan gula dapat menyebabkan lemas dan pingsan.

3. Minum dalam jumlah yang cukup (minimal 8 gelas sehari), dan lebih banyak lagi ketika cuaca panas atau anda sedang berolahraga, sebab dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing, lemas dan pingsan.

4. Hindari berada di ruangan yang pengap, cari udara segar, dan selalu buka lebar jendela ruangan sobat.

5.Jika kepala terasa pusing dan hampir pingsan. Cobalah untuk meningkatkan aliran darah ke otak dengan cara berbaring, jika mungkin dengan kaki ditinggikan, atau duduk dengan kepala ditundukkan di antara lutut, sampai pusing berangsur hilang.

6. Konsultasikan langsung pada dokter jika pusing ini dan hampir pingsan sering terjadi, untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya, karena bisa merupakan pertanda anemia sehingga perlu dipantau lebih lanjut.