Selamat pagi Dok, mau tanya mengenai anak saya, perempuan dok… oia ini sekilas riwayat anak kami Dok.

– anak saya usianya baru 2 bulan

– perempuan.

– anak saya dikasih ASI sama susu formula (campur)

– berat badan 5,8 kg

yang mau saya tanyain Dok :

1. Sehabis suntik imunisasi (saya lupa lagi imunisasi apa), bekas disuntik di bagian tangan jd timbul kayak bisul, apa normal?tindakan apa yang perlu dilakukan?nanak jadi sedikit rewel

2. anak saya beberapa hari lalu di urut dan pijat badannya oleh paraji yang memang sering urut bayi dll didaerah kami, ketika di urut di leher belakang bayi nangis seperti kesakitan, kata parajinya ini mungkin masuk angin soalnya waktu di pijat bayi nangis kencang. Gpp kalo bayi dipijit? kalau memang benar masuk angin atau badan pegal-pegal tindakan yang benar seperti apa ya Dok?

3. Anak saya sering (maaf) kentut, sama sering ngejen-ngejen ,apa tidak apa-apa? riwayat poops/BAB nya 2 hari sekali

mungkin itu pertanyaan sementara dari saya Dok, mohon maaf banyak tanya dan terima kasih banyak jawabannya salam hormat

 

Jawaban Dokter :

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih telah membuat pertanyan yang cukup jelas dan rinci, disertakan keterangan umum pasien. Jawaban pertanyaan:

1. Untuk anak usia 2 bulan, kemungkinan anak anda diberikan imunisasi untuk BCG (untuk tuberculosis), hepatitis B, DTP dan/atau polio. Vaksinasi BCG disuntikan dikulit bahu kanan/ kiri dan memang dapat menimbulkan luka yang dangkal 3 minggu setelah penyuntikan. Luka akan tertutup Koreng dan sembuh dalam 2- 3 bulan dan meninggalkan parut bulat dengan ukutan 4 – 8 mm; dan ini adalah temuan normal. Hepatitis B & DTP (biasanya digabung) disuntikan di otot paha yang dapat menimbulkan reaksi radang ditempat penyuntikan yang dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Setelah imunisasi anak bisa menjad rewel dan mengalami demam ringan. Segera ke dokter bila anak terus menangis, tidak mau makan, demam tinggi atau kejang.

2. Saya tidak menganjurkan pemijatan pada anak kecil. Ketika anak mengangis saat lehernya dipijat, penyebab yang paling mungkin adalah nyeri karena pinjatan itu sendiri. Hentikan pemijatan pada anak kecil karena tidak dibuktikan bermanfaat secara medis dan malah memaparkan si anak ke resiko cidera otot/ tulang.

3. Frekuensi BAB 2 hari sekali normal, yang penting apakah tinjanya cair (diare)/ terlalu keras (konstipasi. Sering buang gas adalah salah satu tanda pencernaan yang normal. Sejauh nafsu makan anak masih baik, berat badan tidak turun, tidak lemas dan tetap sehat, anda tidak perlu khawatir. Teruskan pemberian ASI sesuai permintaan bayi sampai mencapai usia 6 bulan. Selain nutrisi, ASI mengandung sistem kekebalan tubuh yang dapat melindungi pencernaan anak dengan baik.

Semoga informasi ini membantu, salam sehat.