Halo, dok, semuanya, saya laki-laki, berumur 18 tahun, baru beberapa hari kemarin, perut saya mendadak tidak merasa mulas sama sekali (tidak sakit perut / ingin BAB), dan jika saya paksakan untuk BAB, maka yang keluar hanya sedikit (BAB tidak tuntas?), saya tidak merasakan adanya nyeri di bagian bawah perut / bagian kanan bawah perut saya saat saya batuk / berjalan, dan, walaupun sudah ditekan-tekan, saya tidak merasakan adanya rasa sakit. Suhu badan saya sekarang sekitar 36.5 derajat celcius, namun saya merasa badan saya sedikit hangat. Badan saya tidak merasa terlalu lemas dan kepala saya tidak pusing / sakit. Tapi, saya merasa bahwa nafsu makan saya telah menurun, dan saya merasa sedikit lelah, bukan mengantuk atau lemas. Saya tidak merasakan adanya rasa sakit ketika saya membuang air seni.

Ini kenapa ya, dok? Apakah ini cuma sebuah kasus konstipasi / gejala tipus? Atau ini gejala penyakit yang bisa dikatakan lebih berat dari dugaan saya? Saya juga ingin bertanya, dok. Apabila saya mengalami radang usus buntu, apakah rasa sakit yang ditimbulkan di bagian bawah perut saya berasa konstan atau hanya sekedar nyut-nyut-an?

Terima kasih atas waktu nya.

Jawaban Dokter :

Halo sobat,
Dari gejala yang anda sebutkan, memang benar kemungkinan sobat mengalami kasus konstipasi biasa. Tingkatkan konsumsi makanan berserat dan minum banyak air putih untuk membantu melancarkan BAB – jadikan hal ini sebagai kebiasaan sehari-hari untuk terus menjaga pola BAB yang normal.
Penyakit tifus (demam tifoid) umumnya ditaindai dengan adanya demam lebih dari 1 minggu, nyeri perut, perubahan pola BAB (umumnya diare, namun konstipasi dapat terjadi) disertai nafsu makan yang kurang dan muntah. Infeksi usus buntu umumnya ditandai dengan nyeri uluhati, nyeri hebat perut kanan bawah yang dapat menjalar keseluruh perut, demam, hilang nafsu makan dan muntah.
Periksakan diri anda ke dokter bila tetap tidak BAB >7 hari, demam, muncul nyeri perut atau nafsu makan yang sangat berkurang. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.