Selamat sore dokter. ni niwa.. aku mau konsultasi nih.. kemarin.. sekitar bulan 11   tahun lalu saya operasi apendik…2 hari stlah operasi saya langsung bekerja, tapi g berat berat x lah… n saya tetap mengkomsumsi obat hampir 2 minggu… tetapi dokter, mulai bulan 3 kemarin.. perut saya y bekas operasi sering sakit bahkan menjalar ke bagian lainnya, dan setelah saya konsultasi ke dokter yang operasi saya.. dia bilang ada pelengketan dan harus dioperasi lagi… tetapi saya g mau dan sampai hari ini masih trus skit.bahkan luka bekas operasi itu,,, sakit banget… yang
saya mau tanyakan…. kenapa bisa terjadi pelengkatan.. untuk diketahui.. umur saya 28 tahun,tinggi 152 cm, bb 65 kilo,,,apakah mungkin ada penyakit lain didalam ya dok….

terima kasih

makasih dokter,atas perhatiannya

Jawaban Dokter :

Komplikasi operasi appencitis adalah perdarahan, perlengketan organ dalam, atau infeksi pada daerah operasi.

Pasca operasi appendicitis anda diwajibkan untuk kontrol agar dokter dapat melihat apakah ada komplikasi pasca operasi. Komplikasi yang terjadi membutuhkan penanganan yang berbeda – beda pada setiap individu, ada yang memerlukan pembedahan ulang, ada yang tidak.
Komplikasi perlengketan merupakan salah satu komplikasi yang cukup serius. Apalagi jika sudah memberikan gejala seperti sakit perut, demam, susah buang air besar selama berhari – hari, tidak bisa buang angin, perut terasa begah, dll. Perlengketan tersebut bisa ke organ dalam lain seperti ke usus, kandungan, dinding perut, dll.
Perlengketan yang terjadi bisa karena pada proses penyembuhan luka, apendiks tersebut menempel pada organ lain sehingga terjadi perlengketan.

Saran saya lebih baik segera mengkonsultasikan kepada dokter anda kembali untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
semoga berguna