Bpk / Ibu Dokter yth.
Anak Saya Usia 17 Bulan ( lahir Agust 2013) Khanza Namanya, mengalami keterlambatan perkembangan, berikut saya informsikan mengenai hal tersebut:
1. tengkurep sendiri bis dilakukan pada usia 9 bulan.
2. Sampai saat ini belum bisa duduk dan merangkat apalagi berjalan, tapi sering kita bantu untuk membiasakan duduk dan berdiri pada tumpuan kursi atau meja.
3. Pertunbuhan Berat Badan dan Tinggi Badan Normal, tapi setelah Kami perhatikan pertumbuhan dari pinggul ke bawah lebih kecil dari pertumbuhan normal ( #maaf, Pantat dan Kaki kecil).
4. Sampai Saat ini belum bisa mengerti mengenai dada, reaksi sedih ditinggal, tepuk tangan dan hal hal hal yang biasa dilakukukan seusianya.
5. khanza jarang sekali menangis dari semenjak Lahir, walaupun waktu Lahir Nangis.. Kanzha hanya menangis beberapa kali sampai sekarang disaat dia merasa benar benar kesakitan, seperti Disuntik.
6. Belum bisa mengeluarkan kata kata seperti ma – ma atau pa – pa, hanya 1 kata A… e… atau   ta – ta dan belum bisa mengenali anggota keluarganya.
yang akan saya tanyakan disini adalah :
a. Gejala Penyakit apakah yang dialami oleh anak Saya ?
b. Apakah ada cara penyembuhannya?
Semoga Dokter dapat membantu memberikan informasi, Atas Bantuan dan sarannya Kami ucapkan Terimakaksih.
 

Jawaban Dokter :

Selamat pagi sobat.. dari cerita sobat di atas kemungkinan anak anda menfalami gangguan tumbuh kembang.. penyebabnya bervariasi bisa dari nutrisi yg kurang, genetik, atau ada penyakit tertentu yg menghambat petkembangan anak tersebut. Ada baiknya segera diperiksakan ke dokter anak agar diketahui penyebabnya. Terima kasih.