Dok mau tanya.

ibu saya divonis penyempitan rahim. Bagaimana cara pengobatan dan berapa besar kemungkinan mempunyai anak?

Terima kasih

Jawaban Dokter :

Sobat,

pertama-tama perlu diperjelas lagi dengan dokternya, apa yang dimaksud dengan penyempitan rahim tersebut? Apakah ada tumor yang membuat rongga rahim sempit atau bagaimana, atau mungkin gangguan pada saluran tuba di rahimnya? Jika yang dimaksud adalah penyempitan saluran tuba (antara indung telur dan rahim) maka perlu dipastikan dahulu apakah penyempitan terjadi pada 1 atau 2 sisi (kanan dan kiri dan seberapa sempit saluran tersebut. Adanya penyempitan saluran tuba dapat mempengaruhi proses kehamilan karena saluran tuba ini merupakan saluran tempat sel telur berjalan dari indung telur menuju rahim serta tempat bertemunya sel telur dan sperma.
Mengenai kemungkinan memiliki anak, tergantung lokasi terjadinya penyempitan. Kalau di tuba mungkin bisa saja mengganggu, atau jika ada mioma (tumor di dinding otot rahim) juga bisa. Selain itu, perlu memperhatikan usia juga (apakah masih usia subur atau sudah menopause).
Untuk terapi dapat dilakukan dengan pembedahan dan dapat juga dengan hidrotubasi jika penyempitan yang terjadi masih ringan. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Sobat.

Semoga membantu