Selamat malam dokter,

dokter , saya mau tanya nih apa penyebab terjadinya penyakit jantung

Jawaban Dokter :

Malam sobat Ryan,

Penyebab penyakit jantung yang utama adalah aterosklerosis dan hipertensi. Aterosklerosis adalah penebalan dinding pembuluh darah besar (arteri) akibat penumpukan lemak (kolesterol dan trigliserid) yang disebut ateroplak. Ateroplak dapat pecah atau terlepas sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah semi-total atau total. Bila ini terjadi pada pembuluh darah arteri jantung (pembuluh darah koroner), sel-sel otot jantung akan kehilangan aliran darah (tidak dapat oksigen dan nutrisi dari dalam darah) dan mati/ rusak. Kejadian ini disebut serangan jantung dan gejala utamanya adalah rasa nyeri dada kiri hebat yang dapat menjalar ke pundak, leher atau lengan. Tentunya jantung yang rusak akan berakibat fatal. Orang dengan kadar kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung.

Hipertensi atau darah tinggi adalah tekanan darah diatas 140/90. Hipertensi dapat menyebabkan penebalan dinding jantung (membuat kerja jantung tidak efektif), gagal jantung, meningkatkan progresi aterosklerosis, meningkatkan resiko copotnya ateroplak dan dapat mengacaukan irama jantung (aritmia).

Faktor resiko penyakit jantung antara lain adalah usia, jenis kelamin laki-laki, merokok, obesitas (kegemukan), konsumsi alkohol, diabetes mellitus (kencing manis), kurang aktivitas fisik dan riwayat penyakit jantung di keluarga.

Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, kungjungi dokter/ dokter spesialis jantung anda.
Semoga informasi ini membantu, salam sehat.