dok, aku mau tanya dong.. kenapa yaa kalau setiap aku bangun tidur, salah satu lubang hidung aku pasti mampet, padahal aku lagi gak flu ataupun pilek. itu kenapa yaa dok??
mohon dijawab yaa dok.. terimakasih

Jawaban Dokter :

Pagi Desti,

Keluhan yang anda alami dapat merupakan gejala penyakit rinitis (peradangan hidung) vasomotor atau rinitis alergi. Walaupun keduanya mempunyai unsur penyakit yang berbeda; rinitis vasomotor adalah salah satu tipe rinitis non-alergi, sedangkan rinitis alergi diakibatkan oleh reaksi alergi – keduanya mempunyai tatalaksana yang mirip.

1. Hindari pencetus: kenali pencetus rinitis anda dan usahakan untuk menghindarinya (suhu dingin, udara kering, debu, serbuk tumbuhan, bulu binatang, dll)

2. Konsumsi obat-obatan yang mengandung antihistamin (diphenhydramine atau loratadine) dan dekongestan (pseudoephedrine atau penylephrine) yang dapat dibeli tanpa resep dokter.

Bila gejala yang anda alami cukup parah, tidak berkurang dengan kedua langkah tersebut atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut – segera kunjungi dokter/ dokter spesialis THT. Semoga informasi ini membantu dan salam sehat.