Umur sy skrg 17 thn.
dari kecil sy sudah d ketahui PJB oleh dokter.
tp, saat sy berumur 14 tahun, baru saya seringnya merasakan sakit di dada kiri. semenjak itu, setiap melakukan aktivitas seperti olahraga, taupun yg lain yg membuat sy lemah., pasti dada kiri sy merakan sakit lagi.
akhir bulan maret thn 2010 yg lalu. saya d rujuk k RS jantung Harapan kita.
kata dokter, jenis PJB pada diri saya adalah VSD FR 1,3. kata dokter, yg menangani sy, tidak bisa dilakukannya operasi, dikarenakan kebocoran pd sekat bilik jantung sy terlalu kecil, dn berisiko jk d lakukan operasi.

dan yang ingin saya tanyakan., apakah ada cara lain untuk menutup VSD pd jantung saya., karena kondisi sy sendiri skrg, sudah capek hrz bolak balik k RS untuk memakai Oksigen setiap kali sy kambuh.???
Mohon bantuannya kepada Dokter.
saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

VSD(ventricular septum defect) adalah suatu kelainan jantung bawaan yang disebabkan oleh adanya lubang pada septum ventrikel (sekat yang memisahkan antara ventrikel kanan dengan ventrikel kiri).

Hal ini akan menyebabkan darah didalam jantung akan kembali dialirkan ke paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas sehingga seseorang yang terkena VSD sering membutuhkan oksigen tambahan.

Saya rasa sekat yang terlalu kecil mungkin saja menyulitkan dokter unutk operasi. Namun saya rasa tidak ada salahnya bagi anda unutk mencari second opinion ke ahli kardiologi lain. Mungkin saja pendapatnya berbeda dan memberikan anda harapan lebih untuk mendapatkan terapi lebih baik.

Semoga bermanfaat.