Dok, saya berumur 46 th 2 bulan. Pada Februari 2010 sempat sakit maag akut (stress) dan rawat jalan oleh dokter internis, dan pada bulan Mei 2010 sakit maag saya kambuh lagi yang disertai panas (saat di RS panasnya sempat 40 drajat C), dirawat di rumah sakit selama 1 minggu dan rawat jalan 2 minggu. Sedangkan pada tahun2 sebelumnya saya selalu sehat walafiat.

Pada awal Des 2010 kemarin saya melakukan medical check up (lengkap). Dari MCU tsb didapat : hasil rontgent normal, hasil USG normal, hasil test kimia darah normal semua (kecuali kolesterol total 235 shg saat ini saya diet sehat utk turunkan kolesterol). Berat badan saya bertambah (krn banyak tidur malam dan sdh hampir 1 tahun berhenti merokok).

Pertanyaan saya, kenapa akhir2 ini daya ingat saya terasa menjadi agak menurun, Dok? Apakah kurangnya berhubungan suami istri juga bisa menyebabkan turunnya daya ingat, Dok? Mohon pencerahanyan Dokter dan terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Turunnya daya ingat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor genetik sampai obat2an tertentu. Sepertinya anda bekerja dengan tingkat stres yang cukup tinggi belakangan ini. Dapat dilihat dari beberapa kali dirawat akibat sakit maag dan mulai berkurang hubungan suami istri sampai merasa daya ingat menurun. Hal ini biasanya banyak ditemukan pada orang dengan tingkat stres tinggi.

Dengan pola hidup sehat, mengurangi stres, tetap beraktivitas seperti biasa, saya yakin keluhan anda akan berkurang.

Semoga bisa membantu