Saya ingin bertanya tentang virus HPV. Apakah virus ini bisa ganas dalam waktu pendek misalnya 3 bulan atau memerlukan waktu yang panjang bagi perempuan sehingga berbahaya bagi nyawanya?

Bagaimana penularannya? Apakah harus kontak alat kelamin atau bisa melalui medium lain misalnya sentuhan kulit, pakaian atau udara?

Bagaimana mengetahui tertular atau tidaknya, misalkan dengan tes darah. Bisakah disembuhkan?

Terima kasih atas bantuannya.

Jawaban Dokter :

Virus HPV tidak hanya dapat mengenai perempuan tetapi juga laki-laki. Virus HPV ada yang berbahaya, dan ada yang tidak, tergantung dari strain virusnya. Antara waktu infeksi dengan timbulnya gejala, bervariasi antara 3 minggu sampai 6 bulan.

Gejala yang muncul juga bermacam-macam, sebagian besar tidak bergejala. Sebagian strain virus HPV menyebabkan kutil pada kaki, tangan, atau bagian tubuh lain, tetapi biasanya tipe ini tidak berbahaya dan daya tahan tubuh dapat melawannya sendiri. Strain lainnya menyebabkan kutil (berwarna gelap sampai pink, bentuknya bisa agak rata, menonjol sedikit, sampai seperti kembang kol, seringkali mudah berdarah) di daerah alat kelamin (bibir luar vagina, liang vagina, leher rahim, penis, skrotum), daerah anus, atau (lebih jarang) pada rongga mulut. Strain yang “jahat” menimbulkan perubahan ke arah kanker pada leher rahim perempuan.

Virus HPV ditularkan melalui hubungan seksual (termasuk juga seks anal dan oral), baik oleh penderita yang bergejala ataupun tidak.

Cara mengetahui adanya virus HPV adalah dengan pemeriksaan DNA virus HPV pada leher rahim perempuan. Akan tetapi hal ini tidak secara rutin dilakukan.

Yang lazim dilakukan adalah pemeriksaan visual (dengan melihat ada tidaknya kutil seperti kembang kol pada anus, penis, atau mulut vagina). Khusus pada perempuan, dapat dilakukan pemeriksaan VIA (visual inspection with acetic acid) yaitu dengan meneteskan cairan asam cuka ke leher rahim. Apabila terlihat perubahan warna ke arah putih susu, berarti kemungkinan sudah ada perubahan sel ke arah kanker pada leher rahim (yang 99% nya disebabkan oleh HPV), dan dilanjutkan dengan pemeriksaaan Pap Smear.

Pemeriksaan Pap Smear adalah mengambil usap sel leher rahim untuk kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Gambaran adanya perubahan sel-sel ke arah keganasan akan terlihat dengan uji ini. Hasil Pap Smear yang negatif perlu diulang 3 tahun kemudian.

Istilah “disembuhkan” sebenarnya kurang tepat. Tidak ada pengobatan khusus untuk membunuh virus HPV.

Infeksi HPV pada umumnya dapat diatasi oleh daya tahan tubuh kita sendiri, dan menghilang dengan sendirinya. Pada kutil akibat HPV, kutil dapat dihilangkan (diangkat) sedangkan virus HPV nya masih terdapat dalam tubuh dan dapat ditularkan ke orang lain. Pada infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks, kankernya sendiri dapat disembuhkan dengan deteksi dini dan terapi yang tepat (misal: operasi pengangkatan tumor).

Jadi, prinsipnya adalah :

  • Membudayakan single partner dalam hubungan seksual (untuk meminimalkan sumber penularan)
  • Deteksi dini kanker pada perempuan maupun pada laki-laki (datang check up ke dokter Spesialis Kandungan-Sp.OG untuk perempuan, ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin-Sp.KK untuk laki-laki)
  • Terapi segera untuk kasus yang sudah jelas keganasan.

Demikian masukan dari saya, semoga bermanfaat.