dok saya mau tanya,,,apakah benar,kalau orang habis lahiran dengan cara cesar,,tidak boleh banyak banyak meminum air putih,,,karna luka dalamnya akan tetap basah.?.
mohon pencerahannya dok…terima kasih

Jawaban Dokter :

Dear Sobat, sepengetahuan saya tidak ada hubungan antara banyak minum dengan penyembuhan luka. Minum dibutuhkan oleh tubuh untuk keperluan hidrasi sehingga sel-sel tubuh dan organ-organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Minum air putih umumnya 1,5-2 liter per hari atau disesuaikan dengan kondisi sekeliling dan banyaknya aktivitas Sobat.
Penyembuhan luka terjadi melalui proses penyembuhan. Luka operasi caesar pastinya memerlukan waktu untuk sembuh tapi air putih pastinya tidak menghambat proses ini. Istilah luka dalam tetap basah itu agak salah kaprah. Luka dalam maksudnya adalah adanya perlukaan pada rahim bekas sayatan bedah caesar. Istilah basah dalam luka sebenarnya dalam kedokteran adalah kondisi bila luka atau bekas sayatan atau bekas jahitan itu belum sembuh sempurna atau malah terjadi infeksi sekunder.
Saran saya, silakan minum air putih secukupnya (1,5-2 liter per hari) dan tetap kontrol ke dokter kandungan secara rutin untuk memastikan luka bekas bedah caesarnya bisa sembuh dengan baik.
Salam sehat.