Dok,waktu kecil saya suka sekali dengan yang namanya onani. sekarang kondisi penis saya jadi bengkok kekiri, Ejakulasi Dini, dan cepat lelah. apakah ini merupakan akibat dari sering onani?apakah ada dampaknya kedepan? dan apakah ada obatnya/cara untuk mengatasinya? mohon balasannya  trimakasih sebelumnya

Jawaban Dokter :

Onani adalah stimulasi alat kelamin untuk mencapai kenikmatan seksual. Onani memang sering dilakukan pada pria terutama pada masa pubertas. Onani normal dilakukan asal dilakukan dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Secara medis masturbasi tidak mengganggu kesehatan. Onani juga tidak akan mengalami kerusakan pada otak atau bagian tubuh lain seperti penis . Juga tidak menimbulkan risiko fisik seperti mandul, impotensi, dan cacat asal dilakukan secara aman, steril, tidak menimbulkan luka dan infeksi.
Mitos bahwa onani menyebabkan mani menjadi encer dan sperma menjadi sedikit adalah tidak benar. Risiko fisik yang biasanya lebih banyak terjadi adalah pengaruh psikologis seperti kelelahan dan rasa bersalah karena dianggap bertentangan dengan nilai agama dan budaya.

Namun ada yang berpendapat bahwa onani yang berlebihan dapat menyebabkan ejakulasi dini. Hal ini dianggap karena tidak bisa menahan keluarnya cairan sperma. Namun belum ada studi yang mendukung pernyataan ini.

Lakukan onani dengan aman, tidak berlebihan. Untuk mengatasinya perbanyak aktivitas lain yang berguna untuk mengisi waktu dan agar tidak memikirkan hal tersebut. Bisa juga melakukan hal lain seperti meditasi atau yoga untuk mengatasi dorongan seksual yang besar.

Semoga berguna.