Selamat sore Dok , saya ingin konsultasi masalah kulit , saya mengalami overdosis topical steroid akibat terlalu lama memakai cream obat jerawat ( E—-Cream ) hasilnya saya merasa kulit saya menipis dan mudah merah, serta ada jerawatnya lg. sudah kira2 6 bulanan saya hentikan. Selama saya hentikan itu saya menghadapi masalah bentol2 merah yang gatal sekali, bentol tersebut bukan jerawat, spt digigit nyamuk tp gatal dan lbh merah. bagaimana cara mengatasi overdosis tersebut ? apa bisa dengan menggunakan terapi Laser Fractional CO2 ? Tolong dijawab ya dok ! Thanks

Jawaban Dokter :

Sore sobat,

Bentol merah dan gatal dapat menunjukan reaksi peradangan akibat infeksi atau alergi. Fractional CO2 laser bekerja dengan melukai kulit (ablasi) dengan laser untuk merangsang pertumbuhan kulit yang baru. Sesuai dengan cara kerja ini, menurut saya terapi laser tidak berguna, bahkan mungkin memperburuk kondisi kulit wajah anda. Sebelum terapi ini dimulai, harus dipastikan tidak ada peradangan aktif atau sumber kuman yang sedang menginfeksi wajah anda.

Steroid topikal dapat menyebabkan efek samping yang seperti anda alami. Penghentian pemakaian selama 6 bulan umumnya sudah cukup untuk mengembalikan kulit anda ke kondisi normal. Konsultasikan masalah anda ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan terapi yang tepat. Sejawat spesialis kami mungkin akan meresepkan anda dengan salep/ obat minum antibiotik, obat anti alergi/ penghilan rasa gatal (antihistamine), dan mungkin memberikan steroid topikal dengan potensi (kekuatan) yang lebih rendah dan lebih aman dibandingan dengan mometason furoate (kandungan di dalam krim yang digunakan ).

Semoga informasi ini membantu, semoga beruntung.