Dok, saya sudah menikah selama 7 tahun, tapi belum punya keturunan, setelah konsultasi ke dokter ternyata saya kelebihan hormon prolaktin, setelah menjalan perawatan selama lebih kurang 4 bulan dokter menyatakan hormon saya sudah normal dan dokter memberi saya vitamin2 penyubur, tapi sampai saat ini kami belum juga mempunyai keturunan, yang jadi pertanyaan kami apa penyebab tingginya hormon prolaktin itu, masih adakan kemungkinan kami punya keturunan sementara usia sudah menjelang 40 thun. terimakasih atas perhatiannya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Ibu tidak perlu khawatir, pada usia ibu yang menjelang 40 tahun tentu masih dapat hamil, seorang wanita masih bisa mengandung sebelum terjadi berhentinya haid (menopause), biasanya dimulai pada usia 50 tahun awal. Tentunya ibu sudah mengerti tentang kehamilan dan kesuburan, dimana faktor dari laki-laki, dilihat dari kualitas spermanya dan waktu atau masa subur ibu merupakan hal yang mempengaruhi suatu kehamilan.

Hormon prolaktin adalah hormon yang merangsang sekresi air susu ibu, pertumbuhan payudara, berperan juga dalam imunitas tubuh, kadar hormon prolaktin normal tinggi saat sedang masa menyusui, dimana di masa menyusui itu seorang wanita mengalami berhenti haid sesaat (disebut lactational amenorrhea). Gejala yang ditimbulkan apabila kadar hormon prolaktin tinggi di dalam darah yaitu berhentinya siklus haid, infertillitas (tidak subur), produksi air susu ibu, penurunan nafsu seksual, sakit kepala, dan gangguan penglihatan.

Kadar hormon prolaktin yang tinggi di dalam darah dapat disebabkan oleh tumor pada otak (kelenjar pituitari), sedang dalam pengobatan obat-obatan tertentu, sedang dalam kondisi stress pikiran, serta menjadi tanda dari penyakit lain seperti penyakit ginjal dan hati. Ibu sebaiknya sering kontrol ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut, bersabar dan berdoa, niscaya ibu dapat segera hamil. Semoga bermanfaat

Salam