dok,saya mau tanya pengertian umum dari apa yang dimaksud dengan

1. morfologi RBC: NORMOSITIK NORMOKROM, tampak sel elips dan fragmentosit, pada pemulasan supravital tampak cukup sering retikulosit

2. pada pemeriksaan darah nilai RDW saya tinggi yaitu 16.2 apa yang menyebabkan RDW tinggi karena normal y 11.5-14.5

3.apakah pendarahan lambung dapat menyebabkan ANEMIA?

Terima kasih

Jawaban Dokter :

Sobat.. Anda melakukan tes darah hapusan darah tepi. Maksudnya adalah darah yang diambil diletakkan pada objek glass mikroskop supaya bisa dilakukan analisa sel darah dengan lebih detail oleh seorang ahli patologi klinik. Dari pengamatan di bawah mikroskop tadi didapati morfologi sel darah merah yang seragam bentuknya dan usianya, serta pigmen dalam selnya juga seragam. Hal ini biasa pada anemia. Itu menjawab pertanyaan anda yang pertama.

Untuk pertanyaan kedua. Rdw adalah red cell distribution width, maksudnya adalah presentase distribusi sel darah merah dalam suatu ruang. Tes ini maksudnya untuk menentukan jenis anemi. Bila tinggi bisa pada pasien anemia defisiensi besi. Namun hasilnya.harus dicrosscheck dengan pemeriksaan tambahan.

3. Pendarahan lambung bisa menyebabkan anemi. Baik itu berdarah sedikit tapi terus menerus dan lama, maupun pendarahan masif dalam suatu waktu.

Semoga jawaban saya bermanfaat