saya ibu rumah tangtidak usia 35 tahun, anak pertama 9 tahun, sejak 3 tahun lalu lepas KB dan program hamil kembali, tetpi setelah lepas KB haid malah tidak teratur, tahun 1 hampir 5 bulan tidak haid, konsultasi dokter karena kram usus rahim, tahun 2 haid 2 bulan sekali dan kedokter karena pengaruh KB yg lama, sebulan yang lalu USG ke dokter dinyatskan ada kista 3,3-4,2mm. apakah berbahaya untuk hamil kembali,dan bisakah diobati tanpa harus operasi. Terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Kista ovarium itu adalah kantong berisi cairan yang berada pada ovarim. 95% dari kista ini adalah jinak, dan 5% nya dapat menjadi keganasan, kista dapat timbul pada segala usia dan sering ditemukan saat seorang wanita sehabis melahirkan, dan sering ditemukan pada wanita dalam masa pasca menopause (berhenti haid).

Kista ini biasa tidak memberikan keluhan, namun dapat juga memberikan keluhan nyeri dan perasaan tidak nyaman apabila tertekan organ sekitar atau terjadi robekan, terpuntir, dan perdarahan, juga haid tidak teratur, perasaan tidak nyaman saat berhubungan seksual, perubahan pola buang air besar serta berkemih.

Biasanya tidak diperlukan penanganan apabila kista tersebut tidak memberikan keluhan dan ukurannya dibawah 5 cm. Namun apabila memberikan gejala yang mengganggu seperti ketidakteraturan haid selama lebih dari 2 bulan, gejala nyeri tidak tertahankan, serta ukuran kista lebih besar dari 5 – 10 cm, dokter biasa menyarankan untuk melakukan operasi pengangkatan kista. Semoga bermanfaat.

Salam