Halo Dok,

Saya baru-baru ini disarankan dokter untuk melakukan pemeriksaan dahak BTA. Untuk apa ya pemeriksaan dahak BTA itu? Jika saya ingin melakukan pemeriksaan dahak di puskesmas, bagaimana ya prosedurnya? Lalu berapa lama saya harus menunggu untuk mendapatkan hasil lab tentang BTA?

Terima kasih Dok.

Jawaban Dokter :

Sobat,

Pemeriksaan dahak BTA dilakukan untuk menemukan ada tidaknya BTA (Bakteri Tahan Asam) sebagai penunjang diagnosis TB (tuberculosis) dan umumnya dilakukan sebanyak 3 kali yang dikenal sebagai SPS (Sewaktu, Pagi, Sewaktu). Untuk yang “Pagi” merupakan dahak pertama di pagi hari, dibawa menggunakan wadah yang dapat diminta sebelumnya kepada petugas puskesmas. Sedangkan untuk dahak “Sewaktu” biasanya diambil di depan petugas saat pasien datang ke puskesmas. Untuk prosedur lebih lengkapnya silahkan datang ke Puskesmas terdekat di daerah Sobat sehingga bisa mendapat penjelasan lebih lanjut.

Mengenai hasil lab BTA, umumnya sudah bisa didapat dalam waktu 3 hari kerja, namun tergantung pada kebijakan dan kinerja puskesmas yang bersangkutan.

Semoga informasi ini bermanfaat.