Payudara sakit, dok.. Berbahaya ngga? Umur saya 32 tahun memiliki 3 orang anak dan semuanya ASI. 2 tahun yang lalu saya pernah melakukan mamografi dan hasilnya mastopati bilaterial, apa artinya dok?

Beberapa bulan sebelum mamografi, saya pernah demam, badan terasa sakit, payudara saya sakit sebelah. Karena itu masih menyusui, saya pikir karena gumpalan ASI saja. Karena tak kunjung sembuh, ditambah sakit kepala, saya memutuskan untuk terapi pijat.

Sebelumnya saya sering mengalami payudara sakit dan pada ketiak seperti ditusuk, ini sudah berlangsung sebelum saya menikah. Saya berpikir apakah saya sakit jantung tapi kata terapis pijat tersebut jantung saya sehat. Setelah 1 bulan saya kembali, sakit sudah mulai berkurang, dan kata terapisnya saya ada tanda kanker payudara. Selang 1 tahun ini pola makan saya tidak teratur, payudara sakit pada sebelah kanan seperti kram sampai ke punggung. Hanya 1 bulan saya minum herbal karena saya sedang hamil anak ke-3. Setelah melahirkan, saya merasa tidak enak lagi pada ketika kiri, dan saya merasakan ada kelenjar yang hilang timbul.

Apa yang saya alami dok?

 

Jawaban Dokter :

Baik nyonya. Tidak apa. kami senang dengan kepercayaan ibu dalam mengutarakan hal yang nyonya hadapi saat ini. Begini, benjolan dan permasalahan pada payudara bermacam jenisnya. Ada yang ringan, ada pula yang berat. Benjolan yang sering dijumpai adalah fibroadenoma mammae, berupa bagian dari otot polos payudara yang lebih besar dari biasanya. Perlu tidaknya dilakukan terapi saat bergantung pada kondisi yang nyonya alami.

Jika nyonya periksa ke dokter, dokter akan memeriksa dengan meraba benjolan dan seluruh payudara serta daerah ketiak dan leher untuk mencari ada tidaknya kelainan di sana.

Untuk menghilangkan keraguan dalam diri dan menegaskan nyeri pada payudara maupun daerah ketiak tersebut, periksakan diri ke dokter

Salam sehat

Diabetes