Apakkah aman wanita 22th mngluarkan cairan bening kental saat d pncet payudaranya?trims dok

Jawaban Dokter :

Selamat pagi
Keluarnya cairan dari puting payudara bisa saja dikatakan normal untuk berbagai alasan, namun dapat menjadi keluhan utama apabila disertai NYERI pada payudara. Biasa normal pada perempuan yang menginjak masa puber dan disertai nyeri pada payudara apabila memasuki masa haid.
Mari kita kenali berbagai warna cairan yang keluar dari puting payudara tersebut, apabila warnanya putih bening seperti berembun paling sering ditemukan, mungkin hanya penumpukan cairan karena perubahan hormon, biasa pada masa-masa puber, warna putih jernih, ditemukan pada masa kehamilan, cairan disertai darah, mungkin merupakan kanker atau keganasan, apabila warna kekuningan, kehijauan, mungkin dikarenakan infeksi.
Ada beberapa pemeriksaan medis yang akan dilakukan untuk menegakkan diagnosa, antara lain mamografi, pemeriksaan USG, tes darah, serta biopsi jika dicurigai ada sel kanker.Â
Apabila keluhan dirasakan mengganggu, anda perlu periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih