Yth Dokter,

Saya ingin konsultasi mengenai orang tua saya, tepatnya ayah saya. Ayah saya berusia 73 tahun saat ini, baru-baru ini ayah saya jatuh di rumah. Sudah diperiksa ke dokter dan dilakukan pemeriksaan rontgen hasilnya dikatakan ada Fraktur Subcapital Collum Femur di kaki sebelah kiri. Selain itu ayah saya juga mengidap penyakit diabetes dan saat ini masih penanganan diet diabetes karena gula darahnya 245. Saat ini saya dan keluarga khawatir tentang masalah operasi karena ayah saya menderita diabetes dan mempertimbangkan pengobatan alternatif patah tulang (tanpa operasi). Menurut Dokter, dengan kondisi ayah saya yang saat ini mengalami patah tulang dan diabetes, sebaiknya ayah saya ditangani dengan operasi dokter atau pengobatan alternatif?

Mohon sarannya Dok. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat Sobat,

mengenai jatuhnya ayah Sobat dan terjadi patah tulang pada usia tua, proses penyembuhan patah tulang tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan orang muda karena hal ini dipengaruhi kadar Calsium dan hal lain dalam tubuh yang turun berperan dalam penyembuhan tulang.

Mengenai pengobatan alternatif, yang ingin dihindari adalah penyembuhan tulang terjadi dengan kurang sempurna sehingga ayah Sobat tidak dapat berjalan dengan baik, apalagi mengingat yang patah adalah tulang paha kiri. Penyakit diabetes memang merupakan salah satu penyulit dilakukannya operasi dan juga mengingat bahwa usia ayah Sobat sudah 70 tahun ke atas. Namun biasanya dokter bedah tulang dan dokter anestesi akan memastikan kondisi ayah Sobat layak operasi sebelum operasi benar-benar dilaksanakan.

Namun sekali lagi keputusan sepenuhnya ada pada ayah Sobat dan keluarga.

Semoga membantu.

Diabetes