saya ibu berumur 26th, dgn 1 bayi berumur 14 bulan. yang ingin saya tanyakan. apakah aman kontrasepsi iud yg saya gunakan sekarang ini? saya menggunakan kontrasepsi IUD, yaitu spiral, mengingat anak saya lahir dengan proses sesar ( alasan: plasenta previa ), terima kasih. soalnya bingung kadang-kadang banyak yang bilang kalau pasang iud setelah sesar tidak boleh. tapi saya sedang pakai iud dan belum mau ganti iud.

Jawaban Dokter :

Dear ibu Octiani..

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Dengan keadaan anda yang memiliki bayi berusia 14 bulan, apakah anda masih menyusui? Jika ya, maka sebaiknya tidak menggunakan kontrasepsi hormonal seperti pil, suntik atau susuk.

Pilihan anda saat ini untuk menggunakan spiral sudah baik, terutama jika efek samping spiral dapat anda tolelir. Spiral biasanya menimbulkan keluhan nyeri haid yang lebih hebat, dan haid lebih panjang dari biasanya. Namun, jika hal ini anda tidak alami, atau dapat anda tolelir, maka anda tidak perlu khawatir.

Jika ada keluhan haid yang berbau busuk, atau nyeri hebat di perut bawah, disertai demam, kadang sampai anda sulit berjalan tegak, segera datang ke dokter. mungkin terjadi komplikasi penggunaan kontrasepsi spiral.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.