Selamat siang Dok,

Saya pria, 29 thn 170cm 56 kg,
Saya menderita gangguan panik cemas, dan frekuensinya lumayan sering.. Kalau sudah kumat cemas & panik nya pasti saya langsung menghubung2kan dengan jantung (ukur detak jantung, tensi, dsb). Akhirnya karena penasaran saya datang ke dokter spesialis jantung.

Dokter mengatakan semua normal, hanya saja kasian jantungnya klo sering2 cemas, khawatir, & panik karena mengakibatkan jantung sering berdegup cepat. Lalu dokter jantung memberikan obat jenis beta blocker dengan kandungan bisoprolol 2.5 mg. Dosis yg diberikan 2.5mg/hari selama 30 hari utk meredakan efek deg2an dan saat ini sudah berjalan 4 hari. Dokter bilang dosis ini sudah sangat rendah, karena biasanya minimal 5mg/hari.

Memang efeknya sangat terasa dok, degup jantung berkurang, lebih tenang & rasa panik juga berkurang karena udah gk deg2an, tekanan darah juga turun.. Namun di sisi lain saya juga memiliki keinginan utk tidak terlalu sering bergantung pd obat, dan juga paranoid terhadap efek samping obat2an, karena itu sebisa mungkin saya ingin lepas dr obat ini

Pertanyaan saya:
1. Apakah penggunaan beta blocker (bisoprolol) selama 30 hari dgn dosis 2.5mg/hari itu masih dalam rentang waktu yang wajar dok..? atau memang masih sangat wajar/normal atau ternyata 30 hari itu sudah terlalu lama..? atau bagaimana dok..?

2. Berapa lama / hari kira2 waktu yg dibolehkan seseorang utk konsumsi obat ini (bisoprolol) dgn dosis 2.5mg/hari dok..?

Terima kasih

Best Regards,

Jawaban Dokter :

Sobat selama menggunakan obat dlm pengawasan dokter, aman2 saja sobat.. jgn sobat menambah kn dosis tanpa anjuran dokter, mngkn dg perbanyak ibadah akan berkurang cemas sobat