Siang dokter, saya pria berumur 28 tahun dan sudah 3 tahun ini saya mengalami penyakit yaitu sering kencing, jika pada malam hari minum satu gelas air maka saya bisa 4 kali kencing dalam semalam yang jelas sangat mengganggu waktu tidur, saya pernah cek sama dokter setempat dan melakukan pengecekan baik gula darah maupun yang lain normal saja, sampai ke tukang pijat pun sudah saya lakukan dan hasilnya nihil, yang paling parah jika saya olah raga lari pagi tiba tiba siangnya badan langsung panas dan meriang seperti badan ini kekurangan air,nb. saya seorang perokok. mohon jawabanya. terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Apa yang anda alami yaitu sering kencing dalam dunia kedokteran disebut sebgai OAB (Overactive bladder). Beberapa faktor menjadi kontribusi dalam menyebabkan OAB dan gejalanya antara lain:

1. Kerusakan sistem syaraf pusat ( seperti kerusakan oleh karena stroke, penyakit parkinson’s, multiple sclerosis atau kerusakan syaraf tulang belakang)
2. Hambatan dan kelemahan uretra
3. Kelemahan otot yang menyangga kandung kemih pada tempatnya
4. Kekurangan estrogen (pada wanita)
5. Benign prostat hyperplasia (pembesaran prostat)
5. Infeksi saluran kemih
6. Kanker kandung kemih atau batu kandung kemih
7. Komplikasi histerektomi atau operasi prostat

Selain yang saya sebutkan diatas ada beberapa faktor lain diantaranya kecemasan yang tinggi juga dapat memicu OAB.

Penanganan OAB antara lain adalah terapi perilaku, berupa latihan kandung kemih, dimana tujuan latihan ini adalah melatih kandung kemih Anda agar anda hanya berkemih setiap 3-4 jam.

Jika Anda perokok, maka Anda harus berusaha untuk berhenti karena nikotin dapat mengiritasi kandung kemih.

Untuk lebih baiknya anda dapat menghubungi dokter spesialis urologi untuk konsultasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.