Dok, saya sudah 3 tahun menikah, tapi belum ada keturunan. Waktu gadis saya pernah operasi kista (pengangkatan kista). Apakah saya masih bisa punya keturunan dan langkah apa yang harus saya tempuh agar dapat keturunan. Selain itu saya juga sering telat datang bulan tapi tidak positif hamil bahkan pernah hampir satu tahun tidak datang bulan. Dok tolong petunjuknya supaya saya dapat keturunan. Terimakasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Kista pada ovarium sering terjadi pada wanita usia reproduksi. Pada umunya kista tidak berbahaya dan dapat hilang sendiri. Namun pada beberapa keadaan kista tersebut dapat mencapai ukuran tertentu, menyebabkan nyeri perut dan tidak dapat hilang sendiri sehingga perlu dilakukan tindak lanjut seperti operasi untuk menanganinya.

Secara umum, kista ovarium tidak akan mempengaruhi kesuburan apalagi jika sudah diambil dan ovarium masih tetap ada serta berfungsi baik. Kesuburan pasutri lebih dipengaruhi oleh kesehatan reproduksi kedua belah pihak. Ibu dapat menemui dokter spesialis kandungan untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.