Salam sehat Dok,

saya seorang perempuan, saat ini berusia 32 tahun. Saya menderita asma sejak kecil dan 1 tahun lalu kembali sakit lagi. Selama 1 tahun ini saya memakai obat sesak nafas Seretide. Namun sesak nafas saya tidak kunjung hilang dan terkadang malah mengalami serangan yang hebat. Kenapa ya Dok? Mohon penjelasannya.

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat juga Sobat!

Penyakit asma dipengaruhi oleh faktor keturunan dan bila sudah ada asma sejak kecil, maka umumnya asma tidak dinyatakan sembuh, hanya terkendali dan pasien tidak mengalami serangan asma. Hal ini karena asma merupakan suatu bentuk penyakit alergi yang disebabkan oleh karena adanya radang pada saluran pernafasan. Pencetus asma itu bisa berbeda-beda pada setiap pasien, namun penyebab yang paling umum adalah udara dingin dan lembab, debu atau saat daya tahan tubuh menurun dan terjangkit penyakit infeksi saluran pernafasan atas.

Penanganan asma umumnya bertujuan untuk mengendalikan serangan asma sehingga penderita asma bisa bebas dari serangan. Oleh karena itu biasanya penderita dibekali dengan obat-obatan asma (contoh populer adalah obat-obatan inhaler). Saran saya bila serangan asma Sobat dalam beberapa minggu terakhir ini lebih dari satu kali serangan maka sebaiknya Sobat kembali memeriksakan diri kepada dokter yang menangani Sobat selama ini karena bisa jadi perlu dilakukan penyesuaian dosis obat asma yang digunakan Sobat agar gejala asma Sobat bisa kembali terkendali.

Semoga informasi ini membantu.

Diabetes