Dok, apa sebenarnya obat alami untuk jerawat yang mujarab? Karena berbagai obat sudah saya coba tapi hasilnya sama saja, dan apa penyebabnya? Yang saya herankan itu kok mesti di daerah hidung dengan disertai komedo dan jerawatnya itu sendiri besar-besar, apakah itu jenis jerawat batu?
Mohon solusinya. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
sebenarnya jerawat adalah hal yang normal pada kulit dan tidak perlu diterapi. jerawat akan diterapi bila muncul hampir di seluruh bagian wajah atau tipe jerawat batu yang dapat menimbulkan bekas parut di wajah.
banyak hal yang bisa menimbulkan jerawat misalnya:
– perawatan muka yang kurang bersih
– ketidakcocokan dengan kosmetik
– ketidakseimbangan hormonal
infeksi bakteri
– dll

komedo sendiri merupakan salah satu jenis jerawat, sedangkan area hidung merupakan area yang cukup longgar sehingga jerawat disana selalu besar. jerawat dikatakan jerawat batu bila ukuran besar dan dalam sehingga saat sembuh meninggalkan bekas parut di wajah.
mungkin anda sering menggosokkan tangan anda ke hidung akibat kebiasaan atau anda pemakai kaca mata sehingga tangan sering tak sengaja menyentuh hidung, makanya jerawat sering muncul di hidung.
periksakanlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan penyebab jerawat anda dan perlukah diterapi atau tidak.
semoga membantu