Met pagi dokter,

Saya wanita 27thn. Saya sudah 1thn menikah tapi sampai sekarang belum punya keturunan. Saya suka mengalami nyeri saat haid, kadang sakitnya biasa saja tp kadang sakit sekali bahkan sampai saya harus berbaring. Apakah itu penyebabnya? Banyak yang menyarankan agar saya memeriksakan kesehatan rahim saya. Apakah itu penting untuk saya? Bulan ini saya haid tgl 9 s/d tgl 15, apakah saya harus berhubungan tgl 22 desember karena teman saya bilang saat itu adalah puncak kesuburan saya? Apakah itu benar? Kalau semalam berhubungan apakah itu dapat mengurangi masa kesuburan saya? Mohon bantu saya dok. Sejauh ini saya belum periksa ke dokter. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
bila anda sering mengalami nyeri haid yang hebat saat menstruasi, maka kemungkinan besar anda mengalami endometriosis. endometriosis adalah jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim. dan salah satu komplikasi endometriosis adalah kemandulan atau sulit hamil.
karena itulah saya sangat menyarankan agar anda memerisakan diri langsung ke dokter spesialis kandungan agar bisa diterapi dini dan cepat mendapat momongan.
berhubungan atau tidak, tidak akan menurunkan kesuburan anda tetapi pemilihan waktu yang tepat akan memperbesar kemungkinan anda hamil. masa subur dihitung mundur 14 hari dari hari pertama haid bulan depan.
informasi mengenai endometriosis dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/06/wanita-dan-endometriosis
semoga membantu