Permisi Dok. Saya berharap dokter membaca dan segera membalas email saya. Perkenalkan saya Ikhsan mahasiswa usia 22. Saya menderita Low Back Pain selama +- 1tahun tak kunjung sembuh. Kejadian awal mula saya pernah ada riwayat jatuh dari atas ketinggian 3 meter an 1,5 th yg lalu (sekitar bulan juli 2013). 6 bulan pasca jatuh ngga papa (ngga ada rasa sakit atau nyeri dalam diri saya) , terus selama 9 bulanan ini nyeri di tulang blakang ini terus menerus kambuh. Rasanya sangat mengganggu dan seperti di tarik dan dijepit otot saya pada bagian 1 titik di tulang belakang saya bagian bawah kanan. Hanya Pain Killer (meloxicam dlll) yang membuat tubuh saya enakan. Tp saya takut kalo obat2an ini malah membuat lever saya tdk kuat. Saya kira ini adalah HNP awalnya, tapi 3 bulan yang lalu saya rontgen dan mri di RS Panti Rapih Jogja, hasilnya semua normal, lumbal normal, tak ada bengkokan atau benjolan sedikitpun. Dokter syaraf di panti rapih pun bingung, akhirnya saya di lempar ke dokter spesialis tindakan terapi. Fisio terapi, tp saya belum melanjutkan karena saya 2 bulan ini sedang kkn. Dan pain killer ini lagi yg membantu saya menahan rasa sakit. Saya kumat hampit setiap hari. Dan hampir setiap hari pula saya selama 1 tahun ini menelan obat pereda rasa nyeri ini. Saya sambil minum air putih banyak setiap hari.
 
Bagaimana dok? Menurut dokter ini saya kenapa ya sebenarnya? Identifikasi dokter saya adalah trauma otot atau kejang otot pasca jatuh. Tp kom 1 tahun ngga kunjung sembuh? Apa ada pengaruh sama berat badan saya ya? Saya 87 kg dengan tinggi 167. Ini saya ingin melanjutkan terapi sesuai apa yg RS Panti Rapih perintahkan kepada saya. Terimakasih..

Jawaban Dokter :

Selamat pagi sobat.. bila setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut normal.. maka bisa saja trauma dan kram otot. Maka memang jalan satu2nya harus di fisioterapi agar lebih rileks. Terima kasih.