Dok, saya mau tanya.
Saya sering merasa nyeri pada telinga, terutama ketika tidur miring. Awalnya hanya telinga kiri, tapi akhir2 ini telinga kanan juga ikut2n nyeri ketika tidur dengan posisi miring ke kanan. Tapi ketika diperiksa ke dokter THT tidak ditemukan gejala aneh di kedua telinga saya. Dokternya hanya bilang kalau sepertinya nyeri telinga yang saya rasakan adalah efek dari infeksi amandel saya. Tapi saya bingung karena saya tidak merasakan gejala sakit yang berhubungan dengan amandel seperti nyeri tenggorokan, susah menelan dan sebagainya.
Pertanyaan saya: apakah diagnosis dokter yang telah memeriksa saya itu tepat atau tidak dan apakah ada penyebab lain dari nyeri telinga yang saya rasakan selain karena amandel?!
Mohon balasannya.
Terima kasih 🙂

Jawaban Dokter :

salam sehat,
mungkin yang dimasukkan dokter THT anda adalah amandel anda bengkak sehingga menyumbat saluran eustachius yang menghubungkan telinga dan mulut. akibatnya tekanan di telinga meningkat sehingga timbul rasa nyeri di telinga. kadang amandel bisa saja membesar tanpa gejala terutama bila dari kecil anda sudah mengalaminya.
tapi bisa saja nyeri telinga akibat gangguan saraf di wajah atau tekanan darah tinggi jadi coba saja ke dokter THT yang lain sebagai second opinion untuk memperbandingkan diagnosis.
semoga membantu