mengenai tulang punggung bagian bawah yg terasa sakit. dikarenakan mengangkat beban dgn posisi tertidur ( pada saat stelah fitness ). sakit tersebut kadang terasa sampai di belakang paha. apakah mungkin itu karena ketegangan otot pada tulang punggung bawah saya? apakah itu nantinya juga berpengaruh terhadap ereksi? dan bagaimana cara untuk mengobati nya?

terima kasih

Jawaban Dokter :

Sakit pada punggung perlu dicermati dengan hati-hati karena penyebabnya bervariasi mulai dari masalah otot, tulang punggung, bantalan penyangga tulang punggung dan jaringan pengikat lainnya. Pada kasus saudara sakit yang ditimbulkan dari gerakan / pembebanan yang berlebihan pada daerah punggung dapat mencederai semua daerah tersebut. Umumnya tidak perlu pergi ke dokter untuk nyeri punggung karena dapat hilang dengan sendirinya dengan atau tanpa obat penahan sakit. Namun,jika anda mengalami salah satu dari gejala dibawah ini sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter pribadi anda:
Kesemutan pada tungkai bawah
Nyeri hebat dan tidak membaik dengan pengobatan dan istirahat
Nyeri yang terjadi setelah jatuh atau kecelakaan
Disertai gangguan berkemih,
Disertai kelemahan, nyeri, atau kebas pada tungkai bawah
Demam atau penurunan berat badan yang tidak direncanakan
Dokter pribadi anda mungkin akan memintakan beberapa pemeriksaan penunjang untuk memastikan gangguan anda seperti: x-ray, MRI, CT scan, atau pemeriksaan darah perifer lengkap dan laju endap darah.
Gangguan ereksi dapat disebabkan oleh gerakan atau pembebanan yang berlebihan pada daerah punggung.

Terimakasih