Selamat pagi dok
saya mau bertanya, jadi beberapa hari sebelumnya (seminggu yang lalu) saya mengalami pipis yang disertai sedikit gumpalan darah (kecil-kecil) dan sedikit keram dibagian perut bawah. Nah kemudian, 2 hari yang lalu, saat saya pipis di pagi hari, air seninya bercampur dengan darah. Dan hari itu, saya bisa kekamar kecil berkali-kali, namun sedikit-sedikit keluarnya. Saya juga sering sekali buang angin. Pipis bercampur darah itu cuma pada hari itu aja, tapi sekarang saya merasakan bagian tubuh saya seperti punggung dan kaki kiri saya terasa pegal. Dan pinggang kiri, kemudian bagian atas bokong sebelah kiri juga nyeri. Saya juga jadi suka lemas kalo siang hari. Kira- kira kenapa ya dok? saya mau cek ke rumah sakit, tapi takut dimarahin orangtua saya.. Terima kasih sebelumnya & sesudahnya.
NB : saya wanita umur 23 tahun

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Maaf sebelumnya pertanyaan anda baru dijawab karena terjadi masalah dengan server web tanyadokteranda.com

Kencing disertai darah dapat menjadi suatu pertanda penyakit serius. Hal ini dapat disebabkan oleh peradangan, trauma, batu, tumor, atau keganasan pada saluran kemih, mulai dari ginjal, saluran kemih, kandung kemih, sampai alat kelamin.

Perlu diketahui apakah kencing berdarah tersebut disertai demam, keinginan ingin berkemih mendadak, sering berkemih, nyeri saat berkemih, nyeri pada daerah perut bawah, nyeri pada daerah pinggang menjalar ke arah kelamin, air seni keluar sedikit, perasaan tidak selesai sehabis berkemih, nyeri otot dan tulang, disertai penyakit darah tinggi, serta penurunan berat badan.

Keadaan anda cukup serius, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan apabila diperlukan, untuk mendapatkan penanganan yang tepat, tentu anda dapat ditemani dengan orang tua, tentu orang tua anda akan mengerti tentang kesehatan anaknya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam