Dok, saya memiliki Bapak seorang pensiunan Polri yang kini usianya sudah 72 tahun. Akhir-akhir ini sering mengeluh sakit pinggang bagian bawah. Pada saat tertentu, ketika sakitnya disebelah kiri kemudian pindah ke sebelah kanan. Sudah beberapa hari ini tidak melakukan jalan pagi, karena kalau nyeri itu datang apalagi saat sedang jalan pagi, kakinya menjadi nyeri dan berat untuk melangkah, seperti kesemutan atau kram. Jika sudah diistirahatkan sejenak, baru bisa dilanjutkan lagi jalan kakinya.
Sudah dikonsultasikan dengan dokter umum dan diberikan obat, namun nyeri itu masih juga belum hilang. Atas arahan dokter umum tersebut, bila sakit berlanjut agar konsultasi dengan dokter spesialis saraf. Setelah berobat kepada dokter spesialis saraf  ahli reumatik, Bapak saya hanya diberi 1x suntikan dan 1 jenis tablet. Saat ditanya, sang dokter hanya menyebutkan klo penyakit yang diderita merupakan penyakit orang tua tanpa menyebutkan lebih spesifik. Kemudian si dokter pun tidak menyarankan untuk tindakan medis selanjutnya atau perlu tidaknya kontrol kembali. Setelah 2 hari berlalu semenjak disuntik, nyeri itu datang kembali, walaupun masih mengonsumsi obat yang sudah diberikan.
Mohon petunjuk lebih lanjut Dokter, sehingga Bapak saya harus berobat ke dokter yang mana.
Atas petunjuk yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Jawaban Dokter :

Malam sobat,
Keluhan nyeri pinggang bawah dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti gangguan pada sistem otot-tulang, gangguan syaraf, gangguan saluran kemih maupun saluran pencernaan. Keluhan nyeri pinggang yang disertai penjalaran nyeri ke paha/ kaki dan disertai kesemutan merupakan gejala yang cukup khas untuk penyakit yang disebut hernia nukleus pulposus. Gejala muncul akibat penekanan syaraf yang terdapat di daerah pinggang yang disebabkan oleh penuaan, riwayat bekerja berat (kuli angkat, angkatan bersenjata) atau riwayat cidera pada daerah pinggang. Pengobatan kondisi tersebut akan bergantung dari derajat keparahan penyakit, kondisi kesehatan pasien dan kemampuan fasilitias kesehatan.
Ayah anda perlu tetap konsultasi langsung ke dokter untuk penegakan diagnosa. Saya sarankan untuk konsultasi ke dokter sp orthopaedi (spesialis tulang) untuk menjalani pemeriksaan lanjut. Ada kemungkinan dokter meminta pemeriksaan darah dan MRI untuk membantu diagnosa. Semoga informasi ini membantu.