Salam kenal dok.. saya wanita berusia 25 tahun,saya hendak bertanya.. kenapa ya dok akhir-akhir ini jika saya terlalu lelah pinggang saya sering sakit hingga tidak dapat bangun,rasa sakit itu menjalar sampai bwh perut. Saya sudah memeriksakan diri ke dokter tapi menurut dokter saya tidak apa-apa. Lalu diberikan obat pengurang nyeri, rasa nyeri hanya enghilang beberapa saat dan muncul kembali. kira-kira apa yang terjadi dengan saya ya dok?

Jawaban Dokter :

rasa sakit pada pinggang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kebiasaan mengangkat barang berat dan adanya kebiasaan menggunakan sepatu high heels. Apakah anda biasa menggunakan high heels saat bekerja? mungkin itu jawabannya.

Pemakaian high heels akan mendorong pusat massa tubuh ke arah depan menyebabkan perubahan posisi panggul dan tulang belakang serta menyebabkan nyeri pinggang. Perubahan posisi tubuh ini juga memberikan beban lebih besar pada lutut saat kita berjalan dengan high heel. Hal ini berpotensi mempercepat terjadinya osteoarthritis (peradangan sendi) pada lutut. Selain itu otot betis kita juga akan mengecil karena berkontraksi dan menyesuaikan dengan sudut sepatu. Otot betis yang mengecil ini akan menyebabkan nyeri saat kita berjalan dengan sepatu biasa.

Dengan pemakaian high heels maka berat tubuh yang tadinya ditopang oleh seluruh telapak kaki, hanya akan ditopang oleh sebagian telapak kaki bagian depan. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan saat berjalan dan berisiko cedera . Selain itu ujung sepatu yang menyempit juga menyebabkan penebalan jaringan di sekitar saraf jari kaki ketiga dan keempat. Penyempitan ini dapat mengakibatkan jari kaki menjadi nyeri dan baal serta mengalami perubahan bentuk.

Jadi sebaiknya kurangi penggunaan high heels saat bekerja..

Semoga bermanfaat!