tahun 2008 pernah operasi payudara sebelah kiri dan hasilnya fibroadenoma mammae. sekarang seminggu ini payudara saya terasa nyeri sampai bagian ketiak saya. Nyeri itu saya alami sejak hari ketiga haid sampai sekarang padahal haidnya sudah selesai. November tahun 2011 kemari saya priksa di prodia panel CEA + CA 15-3 dan hasilnya normal. menurut dokter apakah nyeri yg saya alami ini normal atau tidak ? dan apakah saya harus segera melakukan pemeriksaan dengan hasil laboratorium saya yg kmrin normal dan saya juga baru selesai haid. mohon penjelasan dokter

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Mengenai keluhan Ibu tentang nyeri pada payudara yang kadang menjalar hingga ketiak, saran saya adalah Ibu melakukan pemeriksaan ke dokter ketimbang Ibu kembali melakukan pemeriksaan laboratorium. Hal ini dilakukan agar Ibu mendapatkan diagnosa penyakit mengenai keluhan yang sekarang Ibu rasakan.

Untuk informasi saja, fibroadenoma mammae atau yang lebih sering dikenal dengan FAM adalah sejenis tumor jinak pada payudara yang cukup sering ditemukan pada wanita usia usia muda dan masih mendapatkan haid karena tumor ini tergantung dengan siklus hormonal wanita.

Sering kali keluhan wanita yang menderita FAM adalah terdapatnya benjolan pada payudara yang membesar saat menjelang menstruasi dan kadang dapat dirasakan nyeri saat pada benjolan tersebut pada saat – saat menjelang menstruasi. Namun, perlu diingat adalah FAM jarang sekali atau hampir tidak pernah berkembang menjadi sebuah kanker.

Untuk pemeriksaan panel CEA dan CA di Lab Proida, pemeriksaan yang Ibu lakukan adalah skrining terhadap kanker payudara. Dan hasil pemeriksaan Ibu yang normal, menurut saya hal terebut sudah cukup menunjukkan bahwa kemungkinan besar keluhan yang Ibu rasakan saat ini bukan karena kanker payudara.

Akan tetapi, hendaklah Ibu memeriksakan diri ke dokter untuk keluhan ini karena pemeriksaan laboratorium adalah pemeriksaan penunjang semata yang tujuannya adalah untuk menunjang diagnosis dan hasil dari pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter. Dan lagi pemeriksaan laboratorium ini tidak bisa serta merta menggantikan anamnesa dan pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter.

Terima kasih atas pertanyaannya dan semoga jawaban ini berguna bagi Ibu.