dok, saya perempuan berusia 21 tahun, saya sering merasakan dada kiri saya sakit seperti di cengkram, tangan kiri saya pun tak dapat saya gerakkan, dan badan saya lemas tak ada tenaga jika sedang terasa..
anehnya sakitnya terjadi pada saat saya sedang beristirahat, kadang kalau saya sedang beraktivitas dan dalam kondisi tertekan atau kesal. sakit ini sudah saya rasakan sejak tahun 2009..

kira-kira itu kenapa ya dok???
terimakasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Maaf sebelumnya karena pertanyaan anda baru dijawab,dikarenakan terjadi gangguan pada server tanyadokteranda.com

Nyeri pada dada kiri mungkin adalah salah satu penyakit jantung, namun banyak sekali penyakit yang dapat memberikan gejala serupa. Sebaiknya anda mengenali dulu, serangan penyakit jantung. Nyeri dada biasanya seperti berasa di belakang tulang iga, menjalar sampai leher, bahu kiri, serta tangan kiri, serangan dapat timbul saat beraktifitas atau istirahat, serangan biasa berlangsung lebih dari 10 menit, dimana tiap-tiap serangan dirasakan semakin berat, dapat disertai sesak napas dan rasa tidak nyaman pada ulu hati, juga sering berkeringat dan pucat.

Anda juga perlu mengetahui faktor resiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung, yaitu usia lanjut ( diatas 50 tahun), perokok, pengidap penyakit darah tinggi, kadar HDL (lemak baik) yang rendah, tinggi kadar LDL (lemak jahat), kegemukan, kurang aktifitas fisik, serta beberapa penyakit lain baik yang didapat maupun bawaan.

Apabila anda merasa memiliki faktor resiko diatas juga memiliki gejala yang serupa dengan yang sudah dijabarkan, anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, baik dokter umum, dokter penyakit dalam, atau dokter ahli jantung, untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam