Dok,

saya mau bertanya tentang istri saya. Istri saya mengeluh nyeri saat haid di perut bawah dan pinggangnya. Dari berdiri mau duduk sakit, dari duduk mau bangun sakit juga. Dia merasa mau muntah, sakit kepala, jadi keringat dingin dan badan gemetaran. Selain itu dia mengeluh juga miss V nya jadi sakit dan payudara nya juga terasa sakit. Selama ini dia coba minum kiranti sehat datang bulan, tapi itupun hanya reda sebentar. Apakah normal nyeri haid seperti itu? Apa penyebabnya ya Dok?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Sobat,

Untuk nyeri yang dirasakan di daerah perut bawah saat masa haid dapat digolongkan nyeri haid. Nyeri haid ini normal dirasakan oleh wanita dan umumnya sensasi nyeri ini memang bervariasi pada masing-masing wanita. Kapan nyeri haid dikhawatirkan tidak normal? Bila nyeri yang dirasakan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, bila intensitas nyeri yang dirasakan semakin lama semakin hebat dan terutama bila dahulu intensitas nyeri tidak sehebat sekarang. Bila ada gejala-gejala ini, saran saya Sobat dan istri Sobat bisa berkonsultasi kepada dokter umum terdekat atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Bila gejala-gejala di atas tidak ada, maka Sobat jangan panik.

Sobat bisa memberitahu istri Sobat untuk mencoba tips berikut ini: kompres hangat pada bagian yang terasa kram atau mandi air hangat. Untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya dilakukan setelah konsultasi dokter atau di bawah pengawasan dokter.

Semoga membantu. Salam sehat!