Jadi nyerinya mulai terasa awal minggu ini dok, dimulai dari sering lembur beberapa minggu terakhir kalau saya sedang mikir berat kok sering terasa pusing dan nyeri di daerah belakang mata sebelah kiri ya dok? Semakin lama nyerinya semakin sakit. Terimakasih sebelumnya

Jawaban Dokter :

Halo Sobat Yoky, nyeri kepala yang dirasakan bisa saja karena berbagai sebab. Penyebab nyeri kepala tersering adalah karena stres pekerjaan dan kecapaian. Selain itu, adanya kelainan organ terkait juga bisa mencetuskan nyeri kepala. Maksudnya organ misalnya mata, telinga atau gigi. Adanya gangguan pada mata, seperti gangguan refraksi atau penyebab tersering sindrom mata lelah (eyestrain) yang disebabkan memandang komputer terlalu lama, computer vision syndrome. Sindrom ini 50-70% umumnya mengenai para pekerja komputer. Selain itu, adanya gangguan telinga misalnya infeksi telinga atau adanya trauma benturan pada telinga juga bisa mencetuskan nyeri kepala. Sakit gigi terutama adanya infeksi gigi dari gigi berlubang yang disertai bengkak pada gusi juga bisa mencetuskan nyeri kepala. Karena penyebab nyeri kepala sedemikian banyak, maka sebaiknya Sobat lebih memperhatikan kapan saja nyeri kepala ini muncul, apakah karena sindrom mata lelah, apakah karena kecapaian dan stres pekerjaan atau karena adanya gangguan pada organ lain. Nyeri kepala yang semakin lama semakin hebat dan disertai mual muntah harus diwaspadai. Bila terjadi gejala ini, mohon agar Sobat berkonsultasi kepada dokter.
Penggunaan obat nyeri kepala yang dijual bebas juga sebaiknya sesuai dengan dosis yang dianjurkan (yang tertera pada bungkus obat). Sebaiknya tidak meminum obat pereda nyeri kepala berbagai merek dalam jangka waktu yang bersamaan atau berdekatan karena bisa menyebabkan overdosis obat tersebut. Penggunaan obat nyeri kepala yang kemudian tidak bisa meredakan nyeri kepalanya patut untuk diwaspadai dan bila semakin parah, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.
Semoga bermanfaat.