Saya pria berumur 25 thn brt bdn 48 kg tg bdn 159 cm. Sejak sebulan yang lalu ngalami nyeri dada kanan.yg ingin sy tanyakan:
1.apakah org berbdn kurus sprti sy tetap ada kemungkinan terkena jantung?.
2.apa fungsi utama dari obat NECIBLOKCK?.bila sakit dan konsumsi neciblock, rasa nyeri akan reda dan hilanag. apa karena tepat obat itu dgn penyakit sy atau hanya menghilangkan rasa sakit krn sewaktu2 akn kambuh lg?.
3.apakah bisa sembuh hanya dengan konsumsi obat?.

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas konsultasinya,

Risiko penyakit jantung tidak tertutup untuk individu yang berbadan kurus. Namun bila karakteristik nyeri dada seperti yang anda ceritakan, maka itu bukan tipikal nyeri akibat penyakit jantung. anda dapat membaca lebih lanjut perihal nyeri dada akibat penyakit jantung pada kolom konsultasi kami sebelumnya.

Isi dari NECIBLOK adalah sukralfat; yaitu zat yang digunakan untuk melapisi selaput lendir lambung. Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri ulu hati yang secara awam dikenal dengan sakit maag.

Rasa nyeri di dada memang bisa diakibatkan oleh regurgitasi (berbaliknya) asam lambung dari lambung ke kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan sensasi nyeri di dada seperti terbakar (heart burn).

Untuk mengatasi keadaan ini biasanya tidak cukup hanya dengan pemberian sukralfat, namun harus dibantu dengan obat-obatan yang menekan produksi asam lambung, dan pengatur gerakan saluran cerna.

Bila nyeri yang Anda rasakan berasal dari regurgitasi asam lambung ke kerongkongan, maka keadaan tersebut dapat diatasi dengan obat bila belum menimbulkan komplikasi lebih lanjut, misalnya perlukaan pada dinding lambung atau kerongkongan.

Semoga membantu