Dear dokter,

Tadi pagi saat BAB karena sedikit susah, saya terpaksa sedilit mengeden untuk memgeluarkan sedikit sisa BAB. Tapi setelahntuntas, saya kaget nkarena tiba- tiba bercakndarah keluar dari vagina dan agak banyak serta berwarna merah. Setrngah panik, saya langsung membersihkannya, dan segera minum Duphaston lalu berbaring.

Apakah halnitu berbahaya bagi janin saya yg saat ini berusuia 8 minggu? Apakah saya harus ke ndokter atau bagaimana? Karena saat ininsaya jg tengah bebdres ( sudah 2 minggu bedrest) karena flek 2.

Mohon jwabannya,

Terimakasih

Jawaban Dokter :

selamat siang ibu, baik, saya paham dengan kondisi ibu dan mengingat saat ini ibu sedang bed rest karena flek2, belum tentu proses mengedan ibu yang menyebabkan keluarnya darah tersebut. keluarnya darah tsb bisa dari kehamilan ibu sendiri, bisa dari leher rahim ataupun karena ibu terancam keguguran. tetap lanjutkan bed rest dan pengobatan sesuai anjuran dokter ibu. cukup minum dan konsumsi serat agar ibu tidak mengalami konstipasi semoga kehamilan ibu berjalan baik dan sehat ya bu salam sehat.