Setiap saya makan makanan yang asam kenapa dalam hitungan kurang dari 1jam saya selalu muntah. Kejadian ini sudah lama, lebih dari 4th. awalnya saya fikir hanya maag biasa, tapi belakangan reaksinya lebih cepat bahkan kadang dalam hitungan menit saja. Terkadang makan buah-buahan seperti apel juga saya bisa muntah. Saya pernah berobat ke pengobatan alternatif, beliau bilang ada 3 borok (luka parah) yang ada di lambung saya, namun saya belum pernah cek karena takut biaya yang mahal. Sebelum saya berobat alternatif berat badan saya hanya 40kg dengan tinggi 163cm, setelah berobat berat badan saya tambah 7kg dan mulai nafsu makan, sebelum berobat alternatif mencium makanan saja pun saya bisa mual bahkan muntah dan kurang nafsu makan.

Mohon jawabannya karena saya mulai khawatir dengan keadaan saya. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sebelum berobat alternatif pernahkah anda memeriksakan diri ke dokter? Dan obat maag apa yang telah anda minum?? Selama berobat alternatif apakah ada obat herbal yang dikonsumsi?
Bila saat ini masih ada gejala mual dan susah makan yang dirasakan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan yang paling tepat adalah dilakukan teropong lambung, untuk melihat apa benar terdapat tukak atau borok pada lambung anda. Dengan mengetahui penyebabnya, maka terapi yang diberikan bisa lebih tepat guna.

Semoga membantu.