saya mau bertanya ibu saya mengkonsumsi susu kambing sudah 2 minggu kemudian mengalami muntah berak dan anehnya muntahannya berbau baigon(obat nyamuk) memang ibu saya memiliki kebiasaan buruk menyalakan obat nyamuk elektrik ketika tidur. apakah toksin baigon tersebut yang keluar lewat muntah tersebut . terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Keluhan yang diderita mungkin tanda keracunan obat nyamuk, karena ditandai dengan muntahan yang berbau obat nyamuk. Walaupun sebenarnya, obat nyamuk tersebut relatif aman bagi manusia.

Gejala yang dapat ditimbulkan dari keracunan obat nyamuk adalah produksi berlebih dari air liur, mata berair, perasaan ingin berkemih dan buang air besar, perasaan tidak enak pada perut, muntah, diare, kejang, keletihan satu badan, hingga penurunan kesadaran.

Solusi untuk ibu anda adalah menghindari pemakaian obat nyamuk tersebut, atau dimatikan 15 – 30 menit, sebelum ibu anda tidur pada ruangan itu. Ibu anda dapat minum susu atau air kelapa untuk mempercepat pengeluaran racun, apabila muncul keluhan diatas dan keadaan semakin memberat, sebaiknya anda segera membawa ibu anda ke rumah sakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam