Salam dok, saya mau tanya sesuatu.

kemaren saya melakukan ML sama pasangan saya, saya melakukan itu pas hari ke-20 dihitung dari haid pertama. sehari kami melakukan 4x. yg pertama sampai ketiga saya keluarkan di luar, dan yang keempat saya keluarkan di dalam. tapi sperma saya cair dok.

apa pasangan saya bisa hamil dok?? apakah melakukan ML saat haid itu bahaya dok?? terima kasih dok

Jawaban Dokter :

Sobat,

Tentu saja bisa hamil kalau dikeluarkan di dalam karena kemungkinan sel telur untuk bertemu dengan sperma menjadi tinggi. ML saat haid berbahaya karena saat menstruasi gelembung udara bisa masuk ke aliran darah karena saat menstruasi terdapat pembuluh darah yang terbuka akibat meluruhnya dinding rahim. Celah yang terbuka ini bisa dimasuki gelembung udara, yang terbentuk ketika terjadi penetrasi oleh penis ke liang vagina.Ketika terbawa oleh aliran darah, gelembung tersebut bisa memicu penyumbatan pembuluh darah. Dampaknya bisa fatal jika pembuluh darah tersebut menuju ke organ penting seperti jantung dan paru-paru, sebab kegagalan fungsi pada organ tersebut bisa memicu kematian.

Selain risiko penyumbatan pembuluh darah, bahaya lain yang mengancam ketika berhubungan seks saat haid adalah sebagai berikut:

1. Endometriosis

Saat orgasme, rahim akan berkontraksi sehingga darah kotor dari menstruasi bisa masuk lagi ke dalam perut melalui sel telur. Kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya endometriosis pada tubuh perempuan.

2. Infeksi

Hubungan seksual saat dinding rahim meluruh biasanya akan menimbulkan luka. Sperma maupun darah kotor yang tidak steril bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

3. Luka atau trauma di mulut rahim

Infeksi yang terjadi akibat hubungan seks saat haid bisa memicu trauma pada mulut rahim. Salah satu akibatnya adalah rasa sakit dan mulas, serta keluarnya cairan putih kehijauan atau kecoklatan setiap harinya.

Semoga informasi ini bermanfaat.