Permisi dok,

Kemaren saya tidak  haid sekitar 7 bulan !! Lalu saya ke dokter kandungn dan diperiksa darah serta usg, ternyata normal semua .

Lalu saya diresepkan obat hormon dan haid lancar kembali sekitar 2 bulan saja. Sekarang sudah 4 bulan saya  tidak haid lagi.

Saya mau tanya apakah sya harus kembali ke dokter kandungan lagi ???? Dan apabila nanti sya dikasih obat hormon lagi apakah bagus bila tubuh saya harus ketergantungan dengan obat hormon ???? Karena berat badan saya sudah 109kg tapi tinggi saya 178 cm apalagi saya masih 19 thn.

Mohon infonya,  thanks sebelumnya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Wanita dengan berat badan lebih memang punya risiko lebih terjadi gangguan hormonal, terutama yang menyangkut masalah menstruasi. Sebelumnya bagaimana siklus mentruasi anda??
Saran saya kembalilah ke dokter kandungan untuk memeriksa lanjutan, bukan cuma sekedar USG, tapi diteliti apakah ada kelainan di organ reproduksi anda, bukan cuma rahim, tapi juga di indung telur (ovarium).
Karena bila proses ovulasi terganggu di indung telur akibat penyakit tertentu, maka pada anda belum tentu terjadi ovulasi rutin setiap bulan seperti pada wanita lain. Bila tidak terjadi ovulasi, tentu saja tidak akan terjadi menstruasi. Silakan periksakan lebih lanjut mengenai masalah ini ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat.