Saya seorang yang beriwayat mempunyai asma. Sudah sekian tahun asma saya tidak kambuh. Kini saya bekerja menjadi penjaga warnet. Saya banyak bekerja pada malam hari, pagi baru pulang. Keadaan di warnet banyak perokok, sedangkan saya tidak merokok. Saya bekerja baru sebulan. Setelah kurang lebih dua minggu bekerja, saya mulai merasakan sesak nafas ringan. Setelah tiga minggu kerja, saya batuk-batuk dan pernah satu kali batuk disertai darah. Apa yang terjadi ya dokter? dan saya harus berbuat apa?
Langkah-langkah apa yang harus saya lakukan untuk tetap sehat walaupunkerja malam jaga di warnet?

Jawaban Dokter :

Seorang yang hidup dengan asma digolongkan menjadi dua kelompok:

1. asma yang terkontrol dan

2. asma yang tidak terkontrol.

Dari keterangan anda, pada awalnya anda adalah seorang asma yang terkontrol (sudah lama tidak kambuh).

Sejak anda bekerja inilah anda menjadi kelompok yang kedua.

Untuk mencegah asma adalah :

1. Menghindari alergen, bila anda memang alergi dengan asap rokok, ada baiknya anda menggunakan masker, atau menyiasati supaya tempat anda beraktivitas menjadi memiliki lebih banyak ventilasi, dsb.

2. Mencegah terjadinya infeksi saluran nafas, dengan menjaga daya tahan tubuh, seperi mengkonsumsi vitamin C dan E. Dan juga, sekali lagi, menggunakan masker.

3. Istirahat yang cukup. Karena anda bekerja pada malam hingga pagi hari, maka pagi sampai siang hari anda harus tidur cukup 7 jam. Hal ini tidak bileh ditawar-tawar lagi. kurangnya istirahat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, ditambah alergen, maka hasilnya adalah apa yang anda alami saat ini.

Semoga berguna

Diabetes