Saya adalah penderita katarak bawaan sejak lahir(turunan dari ibu saya)kedua mata saya telah dioperasi katarak dengan ditanam lensa mata buatan, setelah operasi ini saya masih harus menggunakan kaca mata, pertanyaannya adalah apakah saya bisa menggunakan LASIK untuk memperbaiki penglihatan saya, trims atas infonya

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis) adalah suatu operasi untuk memperbaiki kelainan penglihatan mata seperti mata minus, mata plus, serta mata silinder. LASIK dilakukan oleh dokter ahli mata, dimana LASIK ini memperbaiki atau membentuk ulang kornea atau selaput bening mata.

LASIK biasa diperuntukkan untuk mereka yang berusia 40-50 tahun, namun usia minimal 18 tahun, juga boleh menggunakan metode ini untuk memperbaiki penglihatan. Walaupun angka keberhasilan LASIK cukup tinggi, namun beberapa pasien usia lanjut harus tetap menggunakan kacamata bantu hasil yang sempurna.

Berdasarkan pertanyaan anda, tentu anda bisa menggunakan LASIK untuk memperbaiki penglihatan anda, karena LASIK membentuk ulang kornea bukan lensa mata. Sebelumnya anda perlu konsultasikan ke dokter mata tentang keluhan anda. Semoga informasi ini bermanfaat.