Saya punya keponakan yang memiliki gejala sama seperti gejala hemofilia, tetapi biru-biru yang ada di tubuhnya sama sekali tidak nyeri. Apakah itu gejala hemofilia bukan? terima kasih atas jawabannya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat dr.Poppy,

terima kasih atas pertanyaan yang dokter layangkan pada saya. Saya membutuhkan informasi mengenai usia dan jenis kelamin keponakan anda. Dan apakah ada penyakit keturunan atau kongenital padanya?
Hemofilia memang menimbulkan bercak-bercak hematome di mana saja di seluruh permukaan tubuh, yang perlu diwaspadai adalah adanya perdarahan darimukosa. Hematome umumnya tidak nyeri kecuali, ada perdarahan di ruang sendi (hemarthrosis), ini bisa menimbulkan nyeri.
Kemungkinan hematome lainnya masih mungkin, seperti Idiopathic Trombosithopenic Purpura, Acquired Trombositophenic Purpura, leukemia, dan sebagainya. yang perlu dievaluasi adalah darah perifer lengkap dan apusan darah tepi. bila perlu diperiksakan juga faktor-faktor pembekuan darah padanya.
Mungkin tidak ada salahnya bila saya sarankan, dokter berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter ahli hematologi-onkologi.
semoga berguna