Keluhan saya Dok yaitu kenapa saya selalu mabuk naik pesawat, bus, atau kapal? Mungkin beberapa menit saya masih merasa biasa-biasa saja tapi setelahnya mulai merasa pusing dan mual.
Artikel vertigo yang pernah aku baca di sana salah satu cara mengobati vertigo yaitu melihat objek yang jauh. Tapi bagaimana caranya ketika itu naik pesawat di malam hari. Tentunya yang terlihat hanyalah bagian di dalam pesawat saja, dan itu tidak terlalu jauh dan di artikelnya juga menyebutkan untuk tidak menutup mata saat terjadi hal demikian tetapi saat keadaan di atas jika melihat keluar lewat kaca jendela pesawat tetap saja yang terlihat gelap dan itu sama saja menutup mata dan tidak melihat suatu objek apapun.

Jawaban Dokter :

Sobat,

Jika naik kapal laut, pilihlah kabin di tengah sebab pada titik ini goyangan kapal paling tidak terasa. Jika naik pesawat terbang, mintalah tempat duduk di dekat tepi depan sayap. Jika naik kereta api, duduklah di dekat jendela dan menghadap ke depan. Jika menggunakan mobil atau bus, sebaiknya Anda duduk di depan dekat sopir.

Artikel lengkap di : http://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/16-tips-agar-mudik-tidak-mabuk