Dokter, satu bulan lalu saya baru mengalami kecelakaan hingga bibir saya luka dan bengkak serta gigi bawah saya cuil. Saya sudah mencoba untuk rontgen gigi dan tidak ada akar yang patah. Saya juga sudah pergi ke dokter umum untuk menyembuhkan bengkak pada bibir saya. Saya juga sudah mengompresnya dg air hangat. Namun, sampai saat ini bibir saya masih saja bengkak dan terasa sakit jik terlalu banyak pergerakan. Apakah ada cara lain dari luar dan dalam yang bisa saya lakukan untuk mengatasinya sendiri dokter?

 

Jawaban Dokter :

Sore Felix,

Bibir sobat sedang mengalami reaksi peradangan yang merupakan respon normal dari sebuah luka. Lamanya reaksi peradangan bergantung dari parahnya luka, banyak perdarahan (mungkin tidak tampak dari luar) dan ada tidaknya kuman yang menginfeksi. Untuk sementara tidak ada cara lain selain membiarkan tubuh sobat menghilangkan reaksi radang tersebut dengan sendirinya.

Yang saya anjurkan untuk sobat lakukan adalah pastikan kebersihan mulut terjaga dengan gosok gigi + kumur antiseptik yang teratur – hal ini dapat mencegah infeksi bibir. Makan dan istirahat yang cukup untuk mempercepat penyembuhan. Berhenti merokok (bila sobat perokok) karena dapat memperparah peradangan dan mengganggu penyembuhan. Usahakan jangan terlalu banyak menggunakan bibir dahulu (berbicara). Untuk membantu mengurangi rasa nyeri, silahkan konsumsi obat minum anti-nyeri yang mengandung paracetamol atau asam mefenamat sesuai dengan dosis anjuran, ditambah obat kumur penghilang rasa nyeri yang banyak tersedia bila perlu.

Semoga lekas sembuh, salam sehat.