Dokter, papa saya umur 55 tahun terkena penyakit multiple myeloma stadium 3. Apakah ada kemungkinan papa saya bisa sembuh total? Apa bisa virus sel plasma darah itu dimusnahkan? Terima kasih, dokter. GB

Jawaban Dokter :

Selamat pagi Jonathan,

Mohon maaf, sampai sekarang tidak ada pengobatan untuk mutiple myeloma (MM) yang dapat menyembuhkannya secara total. Namun dengan mendapatkan terapi yang pengobatan yang mutakhir, usia penderita Multiple Myeloma dapat diperpanjang secara signifikan. Mohon tanyakan langsung ke dokter yang merawat ayah anda untuk mendapatkan informasi tentang kondisinya.

Multiple Myeloma adalah penyakit keganasan (kanker) yang ditandai oleh perkembangbiakan sel plasma yang tidak normal dan tidak terkontrol; bukan disebabkan oleh virus. Terapi yang umumnya diberikan adalah kombinasi antara kemoterapi dan transplantasi autologous stem cell/ sel punca (mengambil stem cell sedikit dari sumsum tulang ayah anda, dikembang biakan di dalam laboratorium untuk kemudian kembalikan ke dalam tubuh). Stem cell adalah “sel muda” tubuh yang dapat berubah menjadi berbagai macam sel (mis: sel plasma, sel darah, sel otot) dengan diberikan stimulasi yang tepat.

Sel plasma ganas dapat dimusnahkan sebagian besar dengan regimen kemoterapi, pengobatan kemudian dilanjutkan dengan transplantasi stem cell yang sebelumnya diambil dari sumsum tulang – dengan hal tersebut, diharapkan stem cell yang ditransplan dapat menciptakan sel plasma baru yang normal. Pengobatan MM terus dikembangkan oleh peneliti dan dokter diseluruh dunia, diharapkan akan ada pengobatan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Untuk informasi yang lebih lengkap harap tanyakan ke dokter spesalis penyakit dalam – subspesialis hematologi & onkologi. Semoga beruntung.

Diabetes